Pengambilalihan 374 Ha Plasma Kebun Sawit Disambut Suka Cita, Ina Yatul Kubra: Masyarakat Air Bangis Kembali Sentosa

- Penulis

Selasa, 24 Oktober 2023 - 07:54 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Air Bangis, Suaramitra.com –DPD Macan Asia Jaya (MAJ) Sumatera Barat setelah terbitnya SK Menteri No SK:1069/MenLHLK/Setjen/Kum tertanggal 1 Oktober 2023 selanjutnya melakukan proses pengengambilalihan lahan Plasma 374 Ha Kebun Sawit tersebut. Ormas MAJ Sumbar yang dipimpin Ina Yatul Kubra beserta tim melakukan langsung pengambilalihan lahan tersebut pada Minggu (22/10/2023) tanpa kericuhan dengan pihak aparat.

Proses pengambilalihan lahan plasma 374 Ha dilakukan dengan pemasangan papan informasi. “Pemberitahuan Kepada seluruh masyarakat Air Bangis bahwasahnya KSU Air Bangis Semesta 374 Ha telah memenuhi syarat dan kembali kepada masyarakat sesuai dengan keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ri Nomor SK:1069/MenLHLK/Setjen/Kum. 1/10/2023,” ujar Ketua Ormas DPD MAJ Sumbar, Ina Yatul Kubra kepada wartawan media ini secara tertulis, Minggu (22/10).

Hadir secara fisik dalam acara tersebut selain Ketua dan pengurus DPD MAJ Sumbar juga 12 pengacara lainya. Mereka adalah Douglas L Tobing SH, Hendri Saputra, Ahmad fauzi, Tarmizi, Johanes Stevi Leatemia, Helfis Putra, Indra Effendi, Akhiruddin, Dedi Sofhan SH, Sausman Bin Jasmin, Juni Rofizal, Dikin, Syafriman, Sedangkan masyarakat dilokasi pemasangan papan informasi pemberitahuan tersebut menyaksikan dengan senang hati dan suka cita atas perjuangan Ormas DPD MAJ Sumbar ini.

Suara juga  Terima Banyak Aspirasi, Pertemuan Bamus dan Pemnag Kapa Pasbar dengan Zulkenedi Said bak Pucuak Dicinto Ulam Tibo

ADVERTISEMENT

Pasisia Rancak

SCROLL TO RESUME CONTENT

Ketua DPD MAJ Sumbar, Ina Yatul Kubra menyampaikan bahwa pengambilalihan tanah masyarakat petani/penduduk asli untuk kegiatan usaha dengan permodalan besar atau Land Grabing terbukti telah gagal di Air Bangis, Sumatera Barat.

“Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, masyarakat Air Bangis sudah bisa memanfaatkan kembali 374 Ha lahan plasma Kebun Sawit mereka. Silahkan kembali bersatu, tetap pada tujuan utama, kami hari ini sudah selesai memediasi pengambilalihan lahan masyarakat dengan aman tanpa kericuhan dengan para aparat,” ujarnya.

Melalui upaya ini, diharapkan Koperasi Serba Usaha (KSU) Air Bangis Semesta yang beranggotakan 3500 orang di Kecamatan Sungai Beremas Kabupaten Pasaman Barat bisa kembali bangkit dan bersatu demi kesejahteraan bersama.

“Insyaallah kedepannya kita akan lebih baik lagi, Ormas Macan Asia Jaya Sumbar berkerja sesuai data fakta bukan rekayasa dan apa bila ada suatu oknum atau kelompok yang keberatan silahkan laporkan atau tuntut kami sesuai dengan hukum yang berlaku, akan tetapi kalau ada yang berani melanggar keputusan ini saya akan tuntut sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Suara juga  Kesiapsiagaan Bencana di Pasaman Barat Sudah Punya Relawan Terlatih

Seperti diketahui selain masyarakat Nagari Air Bangis menolak pembangunan kawasan industri kilang minyak kelapa sawit seluas 30 ribu hektare di Teluk Tapang. Karena sebagian lahan merupakan area penggunaan lain yang sudah digunakan untuk perkebunan dan dihuni 45 ribu warga sejak 1970-an. Bagian dari proyek strategis nasional itu akan menggusur rumah penduduk dengan alasan lahan yang mereka tempati milik negara.

Selain itu, adanya disinyalir KSU Sekunder HTR, koperasi abal-abal yang tidak menjalankan prinsip-prinsip koperasi dan nilai-nilai koperasi, sehingga menimbulkan konflik yang berlarut-larut saat itu.

Permasalahan tanah yang menjadi perhatian khusus DPD MAJ Sumbar yang diketuai Ina Yatul Kubra tak terlepas upaya ormas ini untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Agusmardi)

Facebook Comments

Berita Terkait

Kesiapsiagaan Bencana di Pasaman Barat Sudah Punya Relawan Terlatih
Ina Yatul Kubra: Upaya Pengembalian Pengelolaan Kebun Plasma Sawit Air Bangis Pasbar ke Masyarakat Berhasil
Zulkenedi Said Optimis Majunya Benny Utama Menuju Kursi DPR-RI Jadi Semangat Caleg Partai Golkar Pasbar Menangi Pileg 2024
Siap Gendeng BANMUS Nagari Se-Pasbar, Zulkenedi Said Hadir di Nagari Lingkung Aur Pasaman
Penanganan Bencana Gempa di Pasbar, Zulkenedi Said: Masyarakat Keluhkan Upaya Pemprov Sumbar
Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kerakyatan, Zulkenedi Said : Perempuan Pasbar Tingkatkan Keterampilan dengan Menjahit
Zulkenedi Said Anggota DPRD Dapil IV Sumbar Minta Tambah Anggaran untuk Pengerjaan Tebing Batang Saman
Ketua Komisi IV DPRD Sumbar, Zulkenedi Said Desak Dinas BMCKTR Prioritas Pembangunan jalan Simpang Empat-Talu-Panti
Berita ini 11 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Rabu, 28 Februari 2024 - 15:48 WIB

Doktor Silvia Permata Sari: Bahagianya Panen Cabai Hasil Tanam Sendiri!

Senin, 26 Februari 2024 - 12:47 WIB

Pestisida Nabati dari Tanaman Mimba (Azadirachta indica)

Sabtu, 24 Februari 2024 - 13:12 WIB

HAMA TANAMAN GANDUM (Tritivum aestivum)

Jumat, 23 Februari 2024 - 13:17 WIB

MENGENAL PUPUK HIJAU DARI TUMBUHAN SEKITAR KITA

Kamis, 22 Februari 2024 - 13:22 WIB

TUMBUHKAN JIWA BERTANI ORGANIK DI PANTI ASUHAN AL HIDAYAH, KURANJI, KOTA PADANG

Rabu, 21 Februari 2024 - 10:23 WIB

HAMA TANAMAN MANGGA (Mangifera indica) DAN CARA PENGENDALIANNYA DENGAN PESNAB BAWANG PUTIH

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:27 WIB

Doktor Muda Hama dan Penyakit Tanaman Unand Bina KWT Desa Punggung Lading, Kota Pariaman

Senin, 19 Februari 2024 - 10:15 WIB

TEKNOLOGI PESNAB DARI TUMBUHAN SIRSAK (Annona muricata L) DAN  TEMBAKAU (Nicotiana tabacum)

Berita Terbaru

Artikel

Pestisida Nabati dari Tanaman Mimba (Azadirachta indica)

Senin, 26 Feb 2024 - 12:47 WIB